Jelaskan Pandangan Anda Bagaimana Prospek UKM Di Industri Kreatif yang Ada Di Indonesia Untuk Bersaing Di Dalam Era Perdagangan Bebas Dan Globalisasi Indonesia
UKM merupakan suatu bentuk usaha kecil masyarakat yang
pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang. Sebagian besar masyarakat
beranggapan bahwa UKM hanya menguntungka pihak-pihak tertentu saja. Padahal
sebenarnya UKM sangat berperan dalam mengurangi tingkat pengangguran yang ada
di Indonesia. UKM dapat menyerap banyak tenaga kerja Indonesia yang masih
mengganggur. Selain itu UKM telah berkontribusi besar pada pendapatan daerah
maupun pendapatan negara Indonesia.
Memasuki era
globalisasi berarti pula memasuki era perdagangan bebas, yang menuntut setiap
pelaku usaha untuk lebih meningkatkan keunggulan kompetitifnya bila ingin tetap
eksis dalam pasar global. Seluruh pelaku usaha mau tidak mau harus
mempersiapkan diri bila ingin tetap sukses dalam era perdagangan bebas.
Adapun ketentuan mengenai akses pasar menyatakan bahwa setiap negara
berkewajiban memberikan hak kepada pengusaha negara lain untuk memasuki pasar
negaranya, khususnya untuk sektor-sektor produk dan jasa yang telah dinyatakan
sebagai sektor terbuka. Dengan demikian akan tercipta suatu lingkungan
persaingan yang sangat tajam, yang tidak akan terlepas dari kemampuan
penguasaan terhadap sumber daya alam, sumber daya manusia, teknologi serta
kemampuan dalam memanfaatkan peluang pada kancah perdagangan internasional.
Untuk itu diperlukan suatu keunggulan kompetitif yang sangat kuat agar dapat
bertahan dan berkembang di era globalisasi, karena tidak dimungkinkannya lagi
berlaku jaminan proteksi dari pemerintah setempat untuk pelaku usaha domestik
yang ingin memasuki pasar dunia. Hanya pelaku usaha yang mampu meningkatkan
keunggulan kompetitifnya yang berhasil meraih dan meningkatkan pangsa pasar
dalam kancah internasional.
Tingkat persaingan menjadi semakin tajam dalam memasuki era globalisasi ini.
Perdagangan bebas memungkinkan mengalirnya barang dan jasa antar negara tanpa
adanya hambatan yang berarti. Kondisi ini tentu menuntut kesiapan dan
ketangguhan dari setiap pelaku usaha bila tidak ingin tersingkir dari pasar
dunia.
Trend-trend dunia secara luarbiasa juga menuju ke arah pembentukan aliansi
ekonomi guna menunjang keunggulan kompetitif.Suatu trend besar yang akan
terjadi di dalam komunitas bisnis global adalah trend aliansi strategis. Dimana
sebagian besar aliansi strategis itu akan berskala internasional.
Bagi pelaku usaha di Indonesia, kondisi ini bukan perkecualian, bila tidak
ingin tertinggal atau bahkan terlindas di percaturan dunia. Keunggulan
kompetitif menjadi sebuah kewajiban untuk setiap pelaku usaha bila ingin sukses
dalam memasuki era perdagangan bebas, dimana setiap pelaku bisnis dapat
memasuki pasar negara manapun dengan tidak adanya lagi batas-batas wilayah
secara nyata. Sudah tentu kondisi ini menuntut sikap profesionalitas yang
tinggi dari setiap pelaku usaha, menuju era multi national company atau bahkan
transnational company.
Pasar bebas semakin memungkinkan kepemilikan sebuah perusahaan oleh banyak investor di dunia sehingga mayoritas kepemilikan di satu pihak tidak
lagi menjadi hal utama yang menentukan keberhasilan untuk dapat memasuki pasar
global. Situasi ekonomi Indonesia yang semakin membaik dengan semakin pulihnya
tingkat kestabilan dalam negeri akan sangat mendukung masuknya pelaku-pelaku
usaha dari manca negara untuk melakukan aliansi strategis dengan pelaku-pelaku
usaha di Indonesia.
Prospek UKM di
industry kreatif
Data mengenai jumlah UKM menunjukkan bahwa jumlah UKM
bertambah terus setiap tahun, terkecuali tahun 1998, pada saat banyak
perusahaan dari semua skala usaha menghentikan kegiatan produksi mereka karena
krisis ekonomi. Berdasarkan data tersebut, dapat diperkirakan bahwa jumlah UKM
sekarang dan tahun-tahun berikutnya akan terus meningkat. Dengan kata lain,
tidak ada alasan kuat untuk memprediksi dan seterusnya jumlah UKM akan
berkurang, tentu dengan asumsi bahwa krisis ekonomi seperti yang terjadi pada
tahun 1998 tidak terjadi lagi. Itupun jika diperhatikan, dampak krisis tersebut
berbeda terhadap skala usaha yang berbeda, laju pertumbuhan negatif dari jumlah
UK lebih kecil dibandingkan apa yang dialami oleh UM dan UB
Dengan menumbuhkan usaha menengah yang kuat dalam membangun
struktur industri. Strategi pengembangan usaha menengah ini praktis banyak
dilupakan sejalan dengan kurang diperhatikannya entitas dan posisi usaha
menengah dalam pertumbuhan ekonomi maupun dalam kebijakan pengembangan UKM. Sekalipun
peran usaha menengah lebih rendah dibandingkan dengan usaha kecil. Namun dengan
memperhatikan posisi strategis dan keunggulan yang dimilikinya, Usaha menengah
layak untuk didorong sebagai motor pengembangan UKM dalam persaingan bebas. Hal
ini karena potensi teknologi dan sumberdaya manusianya jauh lebih tinggi dari
pada usaha kecil.
Nama Anggota Kelompok:
Ayu Chantry Rizdha Marhamah 21216233
Rahmi Raudatul Jannah 26216011
William Adriel J 27216652
Komentar
Posting Komentar