SEPATU LUKIS
Suatu usaha rumahan yang memproduksi ulang sepatu berbahan
canvas, untuk dijadikan sepatu unik dengan berbagai macam gambar yang dilukis
menggunakan cat acrylic.
Memiliki 4P dalam usaha tersebut, yaitu;
PRODUCT
Ø Sebelum pembuatan
Sebelum pembuatan, didasari oleh sepatu canvas putih agar
memudahkan dalam melukis di sepatu tersebut.
Ø Setelah pembuatan
Ini lah hasil akhir yang akan ditampilkan atau dijual kepada
pasaran, dengan custom sesuai dengan permintaan pembeli, dengan ukuran kaki
mulai dari 35-40
PRICE
Kami memberikan harga sesuai dengan tingkatan dan ukuran
kaki, ada 3 tingkatan yang berbeda, yaitu; ukuran mudah, sedang, dan sulit.
Tingkatan tersebut sesuai gambar yang dipesan oleh pelanggan.
PROMOTION
Hal yang dilakukan dalam memasarkan produk kami yaitu melalui
social media, seperti:
Twitter, facebook, pinterest, instagram, blog dan line.
Di twitter, kami hanya menampilkan gambar dan
harga, dan menjawab pertanyaan yang diajukan pembeli.
Di
facebook, kami hanya menampilkan gambar dan harga, dan menjawab
pertanyaan yang diajukan pembeli.
Di
instagram, kami hanya menampilkan gambar dan harga, dan menjawab
pertanyaan yang diajukan pembeli.
Di
blog, kami menjabarkan tentang usaha yang kami lakukan, segala info
tentang usaha sepatu lukis yang kami tawarkan, review dari pembeli, dan segala
yang berkaitan dengan usaha kami.
Di line, kami hanya melayani jika pelanggan telah berminat
memesan barang dan jika ada keluhan.
PLACE
Tempat usaha yang kami dirikan ini “home industry” dengan
beralamatkan di
Jl. Kh.
Mas Mansyur No.25A
Kb. Melati
Tanah Abang
Kota Jakarta Pusat
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10230
Pengembangan dan Cara Kerja Produk
Kelebihan sepatu kami;
v Anti air
karena produk kami dilapisi dengan lilin. Dengan begitu, costumer dapat
membersihkan sepatu dengan mudah dan sepatu tidak cepat basah.
v Memiliki aksen seni yang menarik,
karena produk kami bisa custom (sesuai keinginan customer)
v Harga
dari produk kami terjangkau, dengan begitu kami lebih cepat menguasai pasaran.
§ Produk yang kami jual sepatu lukis
untuk usia remaja sampai dewasa dengan ukuran kaki mulai dari 35-40.
§ Target lokasi di kota-kota besar
seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan kota lain yang dapat dijangkau oleh
kurir pengiriman barang maksimal dalam 3 hari.
§
Ditujukan bagi pelanggan yang menyukai
seni.
Model Bisnis
Customer Segment
Produk yang ditawarkan untuk
masyarakat umum dan untuk semua golongan.Dengan sasaran, kelompok
pelanggan yang menyukai seni dan ingin memiliki style yang berbeda dengan yang
lainnya.
Value Preposition
Nilai yang diberikan berupa seni
dengan minat masing-masing pelanggan
Menawarkan dengan berbagai akses melalui social media,
berupa; twitter, facebook, instagram, pinterest, blog, dan line.
Dengan tujuan agar memudahkan
masyarakat melihat gambar dengan jelas sehingga menarik untuk membeli.
Customer Relationship
Dalam usaha sepatu lukis ini, kami menerapkan kepada karyawan
agar mampu menjalin hubungan dengan pelanggan secara sopan, ramah, dan
beretika. Agar pelanggan merasa puas dan terlayani dengan baik, sehingga
tertarik juga untuk membeli produk kami.
Revenue Streams
Pendapatan yang diperoleh dari usaha kami sebesar 10% dari
hasil penjualan.
Key Resources
Sumber Daya Manusia
Kami butuh pegawai yang menguasai proses bisnis supaya dapat
membantu pelanggan dan memiliki proses bisnis yang baik
Key Activities
Aktivitas utamanya membuat sepatu yang sudah jadi menjadi
sepatu yang lebih menarik dan memiliki nilai artistik tersendiri, sesuai minat
pelanggan.
Key Partners
Cost Structure
Struktur biaya yang efisien,
menjadi kunci besarnya laba yang diperoleh organisasi.
Maka kami fokus pada minimasi
biaya sebisa mungkin. Ini bertujuan menciptakan dan memelihara struktur biaya
seramping mungkin menggunakan proposisi nilai harga murah, dan fokus pada penciptaan
nilai.
Tokoh Inspiratif
Nicholas Kurniawan
Terlahir dari keluarga kurang
mampu dengan kesulitan ekonomi. Sering terlambat membayar uang sekolah, dan
orang tuanya terlibat banyak hutang. Kondisi itulah yang membuat Nicholas
bertekad untuk menjadi orang sukses agar bisa mengangkat derajat keluarganya.
Sejak berumur 8 tahun, Nicho
sudah mencari uang sendiri dengan berjualan makanan dan minuman untuk sedikit
membantu beban orang tuanya. Ketika SMP, ia mencoba bisnis baru dengan
berjualan baju, dan masuk MLM tanpa asuransi.
Dalam benaknya, gengsi tidak akan
membuatnya sukses, tapi sukses kelak akan membuatnya bergengsi. Dari berbagai
usaha yang ia tekuni belum ada yang berhasil, sampai akhirnya pada usia 17
tahun, ia menemukan peluang usaha yang membawanya dalam kesuksesan, yakni
berjualan ikan hias.
Berawal dari pemberian temannya,
sepaket ikan Garra Rufa, ikan terapi. Lalu ia berfikiran untuk menjualnya,
melalui situs FJB Kaskus. Tidak disangka, dalam beberapa jam, ikan miliknya
berhasil terjual dan banyak orang yang menawarnya. Melihat banyak yang
berminat, maka ia melanjutkan usaha tersebut, dan berhasil mendapat untung 2
hingga 3 juta rupiah perbulan.
Memiliki awal yang baik, sampai
akhirnya ia rugi saat ada pengusaha yang mempercayakannya mengirim ikan ke
Medan, dikarenakan ikan tersebut mati dalam perjalanan karena minimnya
peralatan, dan akhirnya dibatalkan. Tetapi ia tidak menyerah, ia mulai bangkit
dan meneruskan usahanya itu.
Suatu saat, setelah setengah
jalan menjalani usaha – Nicho terkena tipu oleh partnernya sebesar 30 juta
rupiah. Uang yang ia kumpulkan selama ini untuk biaya kuliah habis dalam
semalam. Tapi ternyata kesialan itu malah menjadi berkat bagi Nicholas, banyak
para customer di luar negeri yang tertipu juga oleh partnernya itu, maka mereka
mempercayakan Nicho menjadi partner mereka. Mereka mengambil langsung ikan
tersebut dari Nicho, dan tak terasa selama 1,5 bulan ia meraih omset sebesar
100 juta rupiah.
Sumber:
http://ciputrauceo.net/blog/2014/9/29/kisah-sukses-nicholas-kurniawan-its-always-seems-impossible-until-its-done
Nama Anggota Kelompok:
Ayu Chantry Rizdha
Marhamah 21216233
Rahmi Raudatul Jannah 26216011
William Adriel J 27216652
Komentar
Posting Komentar