Langsung ke konten utama

Contoh UKM dan Tokoh Bisnis Inspiratif

SEPATU LUKIS
Suatu usaha rumahan yang memproduksi ulang sepatu berbahan canvas, untuk dijadikan sepatu unik dengan berbagai macam gambar yang dilukis menggunakan cat acrylic.
Memiliki 4P dalam usaha tersebut, yaitu;
PRODUCT
Ø  Sebelum pembuatan

Sebelum pembuatan, didasari oleh sepatu canvas putih agar memudahkan dalam melukis di sepatu tersebut.
Ø  Setelah pembuatan
Ini lah hasil akhir yang akan ditampilkan atau dijual kepada pasaran, dengan custom sesuai dengan permintaan pembeli, dengan ukuran kaki mulai dari 35-40



PRICE






Kami memberikan harga sesuai dengan tingkatan dan ukuran kaki, ada 3 tingkatan yang berbeda, yaitu; ukuran mudah, sedang, dan sulit. Tingkatan tersebut sesuai gambar yang dipesan oleh pelanggan.
PROMOTION
Hal yang dilakukan dalam memasarkan produk kami yaitu melalui social media, seperti:
Twitter, facebook, pinterest, instagram, blog dan line.

Di twitter, kami hanya menampilkan gambar dan harga, dan menjawab pertanyaan yang diajukan pembeli.

Di facebook, kami hanya menampilkan gambar dan harga, dan menjawab pertanyaan yang diajukan pembeli.

Di pinterest, kami hanya menampilkan gambar jika ada yang mencari dengan kategori “sepatu lukis”

Di instagram, kami hanya menampilkan gambar dan harga, dan menjawab pertanyaan yang diajukan pembeli.

Di blog, kami menjabarkan tentang usaha yang kami lakukan, segala info tentang usaha sepatu lukis yang kami tawarkan, review dari pembeli, dan segala yang berkaitan dengan usaha kami.
Di line, kami hanya melayani jika pelanggan telah berminat memesan barang dan jika ada keluhan.



PLACE
Tempat usaha yang kami dirikan ini “home industry” dengan beralamatkan di

Jl. Kh. Mas Mansyur No.25A

Kb. Melati

Tanah Abang

Kota Jakarta Pusat

Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10230
Pengembangan dan Cara Kerja Produk
Kelebihan sepatu kami;
v Anti air karena produk kami dilapisi dengan lilin. Dengan begitu, costumer dapat membersihkan sepatu dengan mudah dan sepatu tidak cepat basah.
v Memiliki aksen seni yang menarik, karena produk kami bisa custom (sesuai keinginan customer)
v Harga dari produk kami terjangkau, dengan begitu kami lebih cepat menguasai pasaran.
Target Pasar dan Pangsa Pasar
§  Produk yang kami jual sepatu lukis untuk usia remaja sampai dewasa dengan ukuran kaki mulai dari 35-40.
§  Target lokasi di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan kota lain yang dapat dijangkau oleh kurir pengiriman barang maksimal dalam 3 hari.
§  Ditujukan bagi pelanggan yang menyukai seni.
Model Bisnis
     Customer Segment
Produk yang ditawarkan untuk masyarakat umum dan untuk semua golongan.Dengan sasaran, kelompok pelanggan yang menyukai seni dan ingin memiliki style yang berbeda dengan yang lainnya.
     Value Preposition
Nilai yang diberikan berupa seni dengan minat masing-masing pelanggan
     Channel
Menawarkan dengan berbagai akses melalui social media, berupa; twitter, facebook, instagram, pinterest, blog, dan line.
Dengan tujuan agar memudahkan masyarakat melihat gambar dengan jelas sehingga menarik untuk membeli.
     Customer Relationship
Dalam usaha sepatu lukis ini, kami menerapkan kepada karyawan agar mampu menjalin hubungan dengan pelanggan secara sopan, ramah, dan beretika. Agar pelanggan merasa puas dan terlayani dengan baik, sehingga tertarik juga untuk membeli produk kami.
     Revenue Streams
Pendapatan yang diperoleh dari usaha kami sebesar 10% dari hasil penjualan.
     Key Resources
Sumber Daya Manusia
Kami butuh pegawai yang menguasai proses bisnis supaya dapat membantu pelanggan dan memiliki proses bisnis yang baik
     Key Activities
Aktivitas utamanya membuat sepatu yang sudah jadi menjadi sepatu yang lebih menarik dan memiliki nilai artistik tersendiri, sesuai minat pelanggan.
     Key Partners
Kami bekerjasama dengan pabrik sepatu canvas untuk dijadikan bahan awal pembuatan sepatu lukis ini
     Cost Structure
Struktur biaya yang efisien, menjadi kunci besarnya laba yang diperoleh organisasi.
Maka kami fokus pada minimasi biaya sebisa mungkin. Ini bertujuan menciptakan dan memelihara struktur biaya seramping mungkin menggunakan proposisi nilai harga murah, dan fokus pada penciptaan nilai.
Tokoh Inspiratif
Nicholas Kurniawan







Terlahir dari keluarga kurang mampu dengan kesulitan ekonomi. Sering terlambat membayar uang sekolah, dan orang tuanya terlibat banyak hutang. Kondisi itulah yang membuat Nicholas bertekad untuk menjadi orang sukses agar bisa mengangkat derajat keluarganya.
Sejak berumur 8 tahun, Nicho sudah mencari uang sendiri dengan berjualan makanan dan minuman untuk sedikit membantu beban orang tuanya. Ketika SMP, ia mencoba bisnis baru dengan berjualan baju, dan masuk MLM tanpa asuransi.
Dalam benaknya, gengsi tidak akan membuatnya sukses, tapi sukses kelak akan membuatnya bergengsi. Dari berbagai usaha yang ia tekuni belum ada yang berhasil, sampai akhirnya pada usia 17 tahun, ia menemukan peluang usaha yang membawanya dalam kesuksesan, yakni berjualan ikan hias.
Berawal dari pemberian temannya, sepaket ikan Garra Rufa, ikan terapi. Lalu ia berfikiran untuk menjualnya, melalui situs FJB Kaskus. Tidak disangka, dalam beberapa jam, ikan miliknya berhasil terjual dan banyak orang yang menawarnya. Melihat banyak yang berminat, maka ia melanjutkan usaha tersebut, dan berhasil mendapat untung 2 hingga 3 juta rupiah perbulan.
Memiliki awal yang baik, sampai akhirnya ia rugi saat ada pengusaha yang mempercayakannya mengirim ikan ke Medan, dikarenakan ikan tersebut mati dalam perjalanan karena minimnya peralatan, dan akhirnya dibatalkan. Tetapi ia tidak menyerah, ia mulai bangkit dan meneruskan usahanya itu.
Suatu saat, setelah setengah jalan menjalani usaha – Nicho terkena tipu oleh partnernya sebesar 30 juta rupiah. Uang yang ia kumpulkan selama ini untuk biaya kuliah habis dalam semalam. Tapi ternyata kesialan itu malah menjadi berkat bagi Nicholas, banyak para customer di luar negeri yang tertipu juga oleh partnernya itu, maka mereka mempercayakan Nicho menjadi partner mereka. Mereka mengambil langsung ikan tersebut dari Nicho, dan tak terasa selama 1,5 bulan ia meraih omset sebesar 100 juta rupiah. 


Sumber:
http://ciputrauceo.net/blog/2014/9/29/kisah-sukses-nicholas-kurniawan-its-always-seems-impossible-until-its-done
Nama Anggota Kelompok:
Ayu Chantry Rizdha Marhamah 21216233
Rahmi Raudatul Jannah 26216011
William Adriel J 27216652


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KASUS HUKUM EKONOMI DAN PEMBAHASAN

PT Sara Lee Indonesia, perusahaan besar yang bergerak di consumer product, diguncang masalah dengan karyawanya. Sekitar 200 buruh bagian pabrik roti yang tergabung dalam Gabungan Serikat Pekerja PT Sara Lee Indonesia, menggelar aksi mogok kerja di halaman pabrik, Jalan Raya Bogor Km 27 Jakarta Timur, Rabu (19/11/10). Aksi mogok kerja ini, ternyata tidak hanya di Jakarta namun serentak di seluruh distributor Sara Lee se-Indonesia. Bahkan, buruh yang ada di daerah mengirim ‘Autusan’ ke Jakarta untuk memperkuat tuntutannya. Utusan itu bukan orang, namun berupa spanduk dari Sara Lee yang dikirim dari beberapa daerah. Dalam aksinya di depan pabrik, para buruh yang mayoritas perempuan ini membentangkan spanduk berisikan tuntutan kesejahteraan kepada manajemen perusahaan yang berbasis di Chicago Sara Lee Corporation dan beroperasi di 58 negara, pasar merek produk di hampir 200 negara serta memiliki 137.000 karyawan di seluruh dunia. Spanduk juga terpasang di pagar pabrik Sara Lee, ju...

Tugas 5

Peran Akuntan dalam manajemen sebuah perusahaan Karena seorang akuntan melakukan fungsi keuangan terkait dengan koleksi, akurasi, rekaman, analisis dan penyajian bisnis, organisasi atau operasi keuangan perusahaan. akuntan biasanya memiliki berbagai peran administratif dalam operasi perusahaan. Dalam bisnis kecil, peran akuntan dapat terdiri dari pengumpulan data terutama keuangan, masuk dan pembuatan laporan. Tengah untuk perusahaan berukuran besar dapat memanfaatkan akuntan sebagai penasihat dan juru keuangan, yang dapat menyajikan data keuangan perusahaan kepada orang-orang di dalam dan di luar bisnis. Umumnya, akuntan juga dapat menangani dengan pihak ketiga, seperti vendor, pelanggan dan lembaga keuangan. Tujuan dari akuntansi atau pembukuan yang akan dicapai adalah untuk memperoleh informasi tentang transaksi keuangan dan transaksi barang agar dapat ditentukan dengan tepat kebijakan perusahaan selanjutnya. Itulah sedikit gambaran umum tentang pentingnya akuntansi bagi pe...
CARA MEMBUAT DESAIN PIN Jalankan inkscape. Buat lingkaran pin dengan ukuran 44 mm. Caranya, buat objek lingkaran. Kemudian klik ikon Select and transform objects. Klik lingkaran. Masukkan angka 44 pada kotak Width of selection dan Height of Selection. Pilih satuan ukuran milimeter (mm). Salin objek lingkaran. Ukuran untuk objek lingkaran salinan adalah 39 untuk Width dan Height. Selanjutnya, ambil gambar logo komunitasmu (File, Import). Tambahkan teks jika ingin. Jika selesai, grup semua objek. Rapikan agar objek berada di dalam lingkaran kecil. Berikutnya, masukkan ke dalam lingkaran besar. Beri warna dalam untuk lingkaran besar. Tambahkan ketebalan garis tepi untuk lingkaran yang lebih kecil. Pilih lingkaran besar. Berikan efek di menu Filters. Selesai