Langsung ke konten utama

Tugas 2

Pengertian Bisnis


Menurut kamus besar bahasa Indonesia, Bisnis diartikan sebagai usaha dagang. Usaha didunia Komersial Perdagangan Dan Bidang usaha. Bisnis berasal dari kata Bisnis yaitu Sibuk .Maksudnya sibuk mengerjakan sesuatu dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan atau suatu organisasi yang menjual barang atau jasa ditunjukan kepada konsumen atau bisnis lainnya ". Bisnis arti Luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi Barang & jasa dalam Kehidupan Sehari-hari. Bisnis sebagai Suatu sistem yang memproduksi Barang dan Jasa untuk  memuaskan kebutuhan 'masyarakat (bisnis kemudian hanya sistem yang menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kita), Bisnis merupakan Suatu organisasi yang menyediakan Barang atau jasa Yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.


Karakteristik sistem bisnis:

Beberapa karakteristik bisnis sebgai berikut.



·  - KOMPLEKSITAS DAN KEANEKARAGAMAN


Yaitu bisnis yang muncul dengan berbagai sector dengan beberapa kelompok industry . Masing –masing industry yang terkumpul didalamnya terdapat perusahaan –perusahaan yang bervariasi dalam bentuk kepemilikan, volume bisnis, struktur modal, dan lingkup aktivitasnya, serta gaya manjemen yang diterapkan .Contohnya, pembuat perkakas elektrik, dan produk – produk elektronik .
            Kompleksitas yang dihadapi oleh perusahaan – perusahaan yang sudah go public atau go internasional memiliki perbedaan dengan tantangan yang dihadapi oleh produk local. Selain menghadapi perbedaan dalam perilaku konsumen , perusahaan global juga menghadapi kendalaekonomis, misalnya penetapan tariff dan kuota untuk ekspor dan impor oleh Negara tujuan .


·         -      SALING KETERGANTUNGAN

Yaitu masing –masing perusahaan dalam operasinya selalu membutuhkan dan dibuthkan oleh perusahaan lain . hasil yang diproduksi oleh sebuah perusahaan akan menjadi input bagi perusahaan lain, demikian juga sebaliknya. Maka dari itu perusahaan tidak akan bisa eksis atau terkenal tanpa bekerja sama dengan perusahaan lain
          Ketergantungan juga dapat dilihat dari penyebaran wilayah produk. Perusahaan yang berada dalam suatu Negara, dan ingin meningkatkan permintaan produknya tentu akan mempertimbangkan untuk menjualnya keluar negeri jika pasar dalam negeri melebihi kapasitas atau permintaan yang terbatas. Dalam hal ini perusahaan harus bekerja sama dengan asosiasi/ lembaga-lembaga perdagangan untuk membantu memasarkan produknya.




·         -      PERUBAHAN DAN INOVASI

Perubahan dan inovasi sangat diperlukan dalam bisnis terutama dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnisyang cepat. Namun dalam pengertiannya adalah perusahaan yang tidak mampu menawarkan produknya sesuai dengan selera konsumen, maka produknya pasti akan secara tidak langsung ditinggalkan oleh pelangganya. Perubahan dan inovasi dalam bisnis bertujuan untuk memberikan kepuasan bagi konsumen, Karena adanya perubahan lingkungan, seperti pendapatan yang tetap , trend atau model yang berubah, serta gaya hidup dan perkembangan teknologi yang semakin canggih.


Peran bisnis di kehidupan masyarakat:

Bisnis sangat penting dalam kehidupan, karena bisnis dapat membuat pendapatan yang lebih tinggi dan meningkatkan taraf kehidupan bagi kita untuk menjadi lebih baik. Mungkin sebagian orang,  bisnis merupakan kebutuhan kedua, karena bisnis merupakan pekerjaan sampingan yang menguntungkan. Contohnya kita membuat toko online di salah satu situs website misalnya Facebook, Twitter, Instagram, elevenia.com, bukalapak.com, dan tokopedia.com, membuat bisnis dari rumah kerumah. 
Bisnis sangatlah berperan besar dalam kehidupan masyarakat, baik yang mempunyai perusahan perorangan, perushaan persekutuan atau bahkan dalam kehidupan pribadi. karena tanpa kita sadari kita mungkin pernah melakukan bisnis walaupun 'kecil-kecilan' tapi tanpa menghapus arti inti dari bisnis yang berarti melakukan kegiatan yang menghasilkan keuntungan.

 Bagi saya pribadi setiap orang mungkin ingin melakukan bisnis agar mendapatkan keuntungan, tetapi itu tergantung dari tekad dalam dirinya sendiri dan juga tentunya modal yang ia punya pada saat akan mengelola bisnis tersebut. karena bisnis juga dapat meningkatkan profit dan meningkatkan kemakmuran hidup pemiliknya siapa yang tidak mau melakukan kegiatan berbisnis ini. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti itu, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat.



Bisnis terdiri dari berbagai macam tipe, dan, sebagai akibatnya, bisnis dapat dikelompokkan dengan cara yang berbeda-beda. Satu dari banyak cara yang dapat digunakan adalah dengan mengelompokkan bisnis berdasarkan aktivitas yang dilakukannya dalam menghasilkankeuntungan.
1. Manufaktur
adalah bisnis yang memproduksi produk yang berasal dari barang mentah atau komponen-komponen, kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan. Contoh manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi barang fisik seperti mobil atau pipa.
2. Bisnis jasa
adalah bisnis yang menghasilkan barang intangible, dan mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka berikan. Contoh bisnis jasa adalah konsultan dan psikolog.
3. Pengecer dan distributor
adalah pihak yang berperan sebagai perantara barang antara produsen dengan konsumen. Kebanyakan toko dan perusahaan yang berorientasi- distributor atau pengecer.
4. Bisnis pertanian dan pertambangan
adalah bisnis yang memproduksi barang-barang mentah, seperti tanaman atau mineral tambang.
5. Bisnis finansial
adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dari investasi dan pengelolaan modal.
6. Bisnis informasi
adalah bisnis menghasilkan keuntungan terutama dari pejualan-kembali properti intelektual (intelellectual property).
7. Utilitas
adalah bisnis yang mengoperasikan jasa untuk publik, seperti listrik dan air, dan biasanya didanai oleh pemerintah.
8. Bisnis real estate
adalah bisnis yang menghasilkan keuntungan dengan cara menjual,menyewakan, dan mengembangkan properti, rumah, dan bangunan.
9. Bisnis transportasi
adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dengan cara mengantarkan barang atau individu dari sebuah lokasi ke lokasi yang lain.

Sumber:
http://ola-oktaviola.blogspot.co.id/2010/10/bab-1-pengertian-pengantar-bisnis.html
http://www.dosenpendidikan.com/11-pengertian-dan-klasifikasi-bisnis-menurut-para-ahli/
http://amikhadija.blogspot.co.id/2012/10/peranan-bisnis-bagi-kehidupan.html


.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

KASUS HUKUM EKONOMI DAN PEMBAHASAN

PT Sara Lee Indonesia, perusahaan besar yang bergerak di consumer product, diguncang masalah dengan karyawanya. Sekitar 200 buruh bagian pabrik roti yang tergabung dalam Gabungan Serikat Pekerja PT Sara Lee Indonesia, menggelar aksi mogok kerja di halaman pabrik, Jalan Raya Bogor Km 27 Jakarta Timur, Rabu (19/11/10). Aksi mogok kerja ini, ternyata tidak hanya di Jakarta namun serentak di seluruh distributor Sara Lee se-Indonesia. Bahkan, buruh yang ada di daerah mengirim ‘Autusan’ ke Jakarta untuk memperkuat tuntutannya. Utusan itu bukan orang, namun berupa spanduk dari Sara Lee yang dikirim dari beberapa daerah. Dalam aksinya di depan pabrik, para buruh yang mayoritas perempuan ini membentangkan spanduk berisikan tuntutan kesejahteraan kepada manajemen perusahaan yang berbasis di Chicago Sara Lee Corporation dan beroperasi di 58 negara, pasar merek produk di hampir 200 negara serta memiliki 137.000 karyawan di seluruh dunia. Spanduk juga terpasang di pagar pabrik Sara Lee, ju...

Pertumbuhan Ekspor Indonesia dengan Italia

Pertumubuhan Ekspor Indonesia Dengan Italia Perdagangan INDONESIA-ITALIA Perdagangan Italia dengan Indonesia pada Bulan Desember 2008 juga mengalami perkembangan bila dibandingkan dengan tahun 2007. Dengan peningkatan sebesar 12,7% (yoy) maka nilai total transaksi antara Italia dan Indonesia mencapai US$272,3 juta walaupun total perdagangan migas mengalami penurunan sebesar 89,6% (yoy) namun perdagangan non-migas meningkat sebesar 12,5% (yoy). Secara total, nilai perdagangan antara Italia dan Indonesia selama tahun 2008 mencapai US$3,5 miliar atau meningkat 14,3% (yoy). Total perdagangan migas selama tahun 200-2008 meningkat 58,8% namun selama tahun 2004-2008 tren perdagangan migas antara Italia dan Indonesia mengalami penurunan yang sangat tajam yaitu -63,6%. Pada tahun 2004 nilai perdagangan migas mencapai US$144,8 juta namun pada tahun 2008 menurun menjadi US$486 ribu. Sementara perdagangan non-migas terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Selama tahun...

TUGAS TENTANG TELL ABOUT YOURSELF

Video ini berdurasi 3 menit 34 detik. Oleh : William Adriel Julius 4EB03 27216652